Simplifying Life

SINGKAWANG FOOD

Bulan Februari, kota Singkawang merupakan kota yang paling ramai dibanding bulan-bulan lainnya. Turis-turis yang  maupun penduduk Singkawang yang merantau ke daerah lain akan kembali berdatangan ke kota Singkawang karena adanya perayaan Tahun Baru Imlek dan Festival Cap Go Meh.

Bagi Anda yang mengunjungi kota Singkawang, jangan melupakan untuk mencicipi makanan khas di Kota Singkawang. Adapun berdasarkan pengamatan penulis, makanan seperti berikut janganlah dilewatkan;

1. KWETIAU GORENG (CHAU PAN)

Salah satu kwetiau goreng favorit dan yang terenak ada di Jl. Gm. Situt . Namanya kweitau A Phin.  Buka pada jam 5 sore – 9 malam. Kalau ingin mencoba kwetiau gorengnya harap datang sebelum jam 9 malam. Karena biasanya jam 8 sudah habis !

2. BAKMI PANGSIT (JAM MIAN)

Bakmi bikinan tangan merupakan salah satu makanan khas di Singkawang. Dengan tambahan pangsit dan kuah daging yang panas, bakmi pangsit alias jam mian ini sangat diminati banyak orang. Salah satu yang terkenal ada di jalan Padang Pasir  dan di jalan Gm. Situt (bakmi Aloi) . Buka pada jam 10 pagi sampai jam 3 sore.

3. BAKSO SAPI

Bakso sapi di Singkawang sangat khas karena disajikan dengan Yong Theu Fu (makanan khas orang Hakka berupa tahu yang diisi dengan daging cincang). Salah satu bakso sapi yang terenak ada di jalan niaga yaitu BAKSO 21. Bakso sapi ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang.

4. BUBUR DAGING

Bubur daging babi di Singkawang lebih menyerupai nasi setengah bubur yang disirami dengan kuah dan daging babi dan jeroannya. Dimakan selagi panas akan memberikan citarasa yang berbeda dengan bubur dimanapun. Salah satu tempat favorit adalah Bubur Aloi di samping Pasar Babi Singkawang. Tempat ini hanya buka jam 2 pagi sampai jam 10 pagi.

5. CHOI PAU PAN

Choi pau pan atau biasanya dikenal dengan choypan di Jakarta. Choi pau pan adalah kue yang terbuat dari tepung sagu yang dikukus dan diisi berbagai macam sayuran. Salah satu makanan yang tidak boleh dilewatkan. Tempat yang terkenal  ada di daerah Sakkok. Waktu yang paling pas untuk mencicipi Choi pau pan ini adalah sore hari. Hmmm…  Jadi lapar😛


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s