Simplifying Life

Diabetes Mellitus dan Penanganannya


Diabetes Mellitus (DM) atau orang lebih mengenalnya sebagai kencing manis, merupakan suatu penyakit menahun (kronis) yang ditandai oleh kadar gula darah yang melebihi batas normal. Apabila dibiarkan saja, penyakit ini akan menimbulkan masalah yang berakibat fatal, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, kebutaan bahkan beresiko amputasi.

Adapun orang yang memiliki resiko terkena DM ini adalah sebagai berikut :

  1. Usia 45>tahun
  2. Berat badan lebih, BBR>110% berat badan ideal
  3. Hipertensi (>140/90 mmHg)
  4. Riwayat DM dalam garis keturunan
  5. Riwayat abortus berulang, melahirkan bayi cacat atau berat badan lahir bayi >4 kg
  6. Kolesterol HDL <35mg/dL atau trigliserida >250 mg/dL

Adapun gejala gejala yang timbul apabila seorang memiliki resiko DM adalah :

  1. Sering dan banyak Kencing
  2. Sering merasa haus atau banyak Minum
  3. Banyak makan
  4. Sering merasa gatal-gatal
  5. Cepat merasa kesemutan

Keluhan utama yang terjadi pada penderita DM adalah berat badan menurun dengan cepat tanpa penyebab yang jelas. Keluhan yang lain adalah kesemutan, gatal pada daerah genital, keputihan untuk wanita, infeksi sulit sembuh, cepat lelah dan mudah mengantuk.

Kepastian seseorang menderita DM dapat diketahui dengan pemeriksaan kadar glukosa darah . Batas normal kadar gula darah puasa adalah dibawah 110 mg/dL. Apabila kadar gula darah puasa  sudah di atas normal hasil pemeriksaan dikonsultasikan ke dokter.

PENANGANAN DIABETES MELLITUS

Pada orang yang mempunyai kadar gula darah tinggi sebaiknya dilakukan penyesuaian makan dengan kesanggupan tubuh untuk menggunakan energi dari makanannya, sehingga akan membantu menurunkan kadar gula darah sampai pada batas normal.

Diet atau pengaturan konsumsi makanan dilakukan dengan cara penyesuaian kebutuhan kalori dengan kelainan metabolic, umur, berat badan, tinggi badan dan aktifitas tubuh. Jumlah hidrat arang juga harus disesuaikan dengan kesanggupan tubuh dalam menggunakannya. Kecukupan protein, mineral dan vitamin juga harus dijaga.

Makanan yang harus dihindari dalam diet DM ini adalah gula murni dan makanan yang diolah dengan gula murni, seperti gula pasir, gula jawa, dodol, coklat, madu, sirup, soda, susu kental manis, es krim, kue kue manis, kek, buah dalam kaleng, dendeng, abon, kecap manis dll.

Makanan yang harus dibatasi konsumsinya adalah sumber hidrat arang kompleks seperti nasi, lontong, roti, ubi, singkong, mie, bihun, macaroni dan makanan lain yang terbuat dari tepung, tepungan.

Selain itu, disarankan bagi penderita awal DM untuk melakukan pola hidup sehat dan teratus dengan olahraga serta istirahat yang seimbang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s